Terlalu Baik

Kehidupan ini mengajarkan saya untuk berhati-hati terhadap orang yang terlalu baik. Jika ada orang yang sangat sayang dan ingin memberikan ini itu kepada saya biasanya saya akan menahan diri untuk menerima tawaran tersebut. Seringkali dengan mudahnya sayang menjadi benci. Pepatah Arab, mengajarkan janganlah kita terlalu sayang seseorang bisa jadi suatu saat dia akan menjadi musuh utama kita, dan janganlah terlalu benci seseorang bisa jadi dia akan menjadi sahabat karib kita di suatu hari.

Inginnya saya tidak punya utang budi kepada orang lain, kalau ada budi baik dari orang lain sebisa mungkin dapat membayar kebaikannya dengan memberikan kebaikan kepada orang tersebut. Ingin saya jika saya memberikan budi baik kepada orang lain saya tidak bertemu lagi supaya tidak ada balas budi dari orang tersebut. Hal ini untuk menjaga keikhlashan dari mengungkit-ungkit pemberian budi baik dan semata-mata mengharapkan ganjaran dari Allah SWT.

Dengan berjalannya waktu saya bertemu dengan orang yang sering sayang kepada temannya dan mendapatkan perlakuan jelek sebagai balasannya. Dia sedih. Hatinya hampir hancur. Kekecewaan demi kekecewaan ia terima. Maha Agung Engkau ya Allah dengan segala ketetapan-Mu. Bersahabatlah denganku aku tidak akan mengecewakanmu. Sayangilah aku kan kujaga hatimu. Kebaikan pasti berbuah kebaikan seberapa pun kecilnya. Dan keburukan pasti akan berbuah keburukan seberapa pun kecilnya.

Kebaikan itu seringkali karena kesamaan golongan (ashabiyah). Hindarilah ashabiyah, ini adalah sisa-sisa kejahiliyahan yang sangat sulit untuk dihilangkan. Berlaku adilah. Karena ia dekat dengan taqwa. Terhadap musuh pedang kita sanglah tajam. Namun kepada segolongan dengan kita pedang itu menjadi tumpul.

Nabi Ibrahim kedatangan tamu, ketika akan mengajak tamu itu makan lalu ia bertanya, apakah Engkau menyembah Allah? Ketika diketahui bahwa tamu adalah bukan orang Islam. Dia pun enggan memberinya makan dan mengusir tamunya itu. Allah menegur kekasihnya. Walaupun dia musyrik Allah tetap memberinya nikmat kepada makhluk yang menemtangnya itu.

Tinggalkan Balasan

