Resep Sehat, Awet Muda, dan Panjang Umur

  1. Makan dan minum yang cukup & mengandung gizi yang seimbang (karbihidrat, protein, sayur-sayuran dan buah-buahan)

Sunah Rosul :

–          Makanlah pada saat lapar dan berhentilah pada saat  kenyang.  Maksudnya agar kita jangan sampai kekurangan makanan, dan jangan pula sampai kelebihan kalori, yang akan ditumpuk sebagai lemak yang akan mengundang berbagai macam penyakit)

–          Makanlah makanan yang halal dan baik (yang menyehatkan dan tidak berlebihan).  Contoh : kopi dan garam halal, tetapi bagi penderita tekanan darah tinggi dan jantung, kopi dan garam tidak baik, karena akan semakin meningktakan tekanan darah yang berbahaya bagi kesehatan..  Begitu pula susu dan daging halal, tetapi bagi yang kelebihan kalori dan berat badan susu dan daging jelas tidak baik, kerna akan menyembabkan bertambahanya penimbunan kalori dan lemak, yang berbahaya bagi kesehatan.

  1. Tidurlah yang cukup dan teratur (untuk menurunkan ketegangan syaraf)
  2. Olah raga yang teratur (untuk membakar lemak yang berlebihan)
  3. Bagi yang kelebihan berat badan, penderita sakit jantung & darah tinggi, banyak makan buah-buahan yang asam untuk mengikis dan menetralisir lemak yang menempel pada dindingi pembuluh darah di otak dan jantung, sehingga dengan deimikian ukuran lubang pembuluh darah akan menjadi normal kembali, dan dengan demikian aliran darah  dan tekanan darahpun akan menjadi normal kembali, sehingga dengan demikian akan terhindar dari adanya penyumbatan aliran darah yang berdampak pada ancaman pecahnya pembuluh darah di otak (strok), dan jantung.
  4. Hindari atau kurangi merokok, untuk menghindari atau mengurangi (nikotin dan asap-asam rokok ) yang akan menjadi radikal-radikal bebas dalam darah yang akan menjadi sumber koagulasi penimbunan lemak di dinding pembuluh darah, dengan demikian akan terhindar dari penyakit kanker paru-paru dan otak.
  5. Banyak istirahat dan hiburan (refreshing) untuk mengurangi kejenuhan dan ketegangan syarat, sehingga syaraf bisa tenang dan normal kembali, sehingga otak bisa berpikir kembali dengan normal, jernih dan tenang.
  6. Banyak mandi dengan kepala diguyur untuk mendinginkan dan mengendurkan ketegangan syaraf di otak, sehingga syaraf otak akan normal dan otak akan segar dan tenang kembali.
  7. Hindari minum-minuman yang beralkohol, untuk mengindarkan ketegangan syaraf, menghindarkan pembakaran yang berlebihan yang akan merusak syaraf-syaraf organ tubuh seperi otak ,jantung paru-paru, hati dan ginjal.
  8. Hindari Minum kopi bagi yang penderita yang memiliki penyakit darah tinggi, karena kopi akan meningkatkan percepatan denyut jantung sehingga akan meningkatkan tekanan darah, yang berakibat menyebabkan penyakit darah tinggi.
  9. Hindari penggunaan narkoba dan zat-zat aditif lainnya karena akibatnya akan merusak syaraf-syaraf otak serta organ-organ tubuh lainnya seperti jantung, ginjal, paru-paru, hati, dan lain-lain.
  10. Banyak bersujud , terutama bagi penderita penyakit darah tinggi dan jantung agar aliran darah dari jantung ke otak lebih mudah, sehingga supply oksigen ke otak akan lebih lancar dan banyak, dengan demikian sel-sel dan sayraf-syaraf otak akan cuku menyerap oksigen dan otak akan kemabli segar, sehingga daya berpikir, daya analisa, daya ingat daya imaginasi dan daya nalar akan kembali bertambah.
  11. Jangan banyak pikiran karena akan membuat syaraf menjadi tegang.
  12. Bergaulah dengan orang-orang yang cocok dan menyenangkan, karena akan membawa kepada suasana yang membahagiakan, sehingga akan terhindar dari suasana bergaul yang tegang yang akan berdampak pada ketegangan  syaraf otak.
  13. Banyak mengingat Allah, karena sesungguhnya dengan mengingat Allah hati akan menjadi tenang.
  14. Banyak menyatu dengan alam lingkungan yang segar dan asri, untuk menurunkan ketegangan syaraf.
  15. Banyak hiburan dengan mendengarkan musik yang tenang dan syahdu guna mengendurkan ketegangan syaraf.
  16. Solatlah dengan khusus, dan teratur, serta bersabarlah, karena sesuai tuntunan Allah dalam Al Qur,an menyebutkan nahwa jadikanlah solat dan sabar sebagai penolongmu.
Iklan

Satu pemikiran pada “Resep Sehat, Awet Muda, dan Panjang Umur

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s