Apa Beda Kesalahan Iblis dan Adam as ??

Ada di kitab suci Al Quran kisah tentang Iblis laknatullah alaih yang menolaksujud ke Manusia pertama yang diciptakan oleh Allah – Nabi Adam as – , walaupun Iblis mengemukakan argumennya dengan kedalaman ilmu yang dimilikinya. Dikisahkan pula ketika Adam dilarang untuk mendekati dan memakan buah khuldi, yang akhirnya Adam terjerumus juga oleh karena godaan Iblis dan rayuan Istri tercinta (dalam artian Siti Hawa tidak lah sama dengan Iblis).

Iblis melanggar PERINTAH ALLAH

Adam melakukan LARANGAN ALLAH

Ada yang mengatakan bahwa MELANGGAR PERINTAH lebih berat dosanya dibandingkan dengan melakukan LARANGAN, oleh sebab itu Allah mengampuni Adam as namun tidak mengampuni Iblis.

Kalau menurut saya – Allahu ‘Alam – PERINTAH dan LARANGAN adalah sama. Keduanya adalah PERINTAH, yang pertama adalah PERINTAH untuk MELAKUKAN sedangkan yang kedua adalah PERINTAH untuk TIDAK MELAKUKAN. Kedua-duanya adalah perintah.

Bedanya adalah :

Kalau Adam as melanggar LARANGAN Allah dengan menyadari kesalahan dan kekhilafannya sehingga Allah ampuni segala kesalahannya. Sedangkan IBLIS melanggar PERINTAH Allah dengan KESOMBONGAN (karena merasa berilmu dan lebih mulia dari Adam) tidak ada penyesalan atas kesalahannya kepada Allah sehingga Allah kekalkan laknatnya dan akan menghukumnya di akhirat kelak selama-lamanya.

Hati-hatilah terhadap maksiat yang dilakukan dengan kebanggaan. Berbuat dosa tapi bangga. Tak Takutkah pelakunya terhadap hukuman Allah yang Maha Perkasa.

Iklan

5 pemikiran pada “Apa Beda Kesalahan Iblis dan Adam as ??

  1. biang kerok kesalahan adalah karena ilmu Allah itu sendiri, semua mahluk tercipta dgn ilmiah secara teknisnya, sifat sombong, khilaf, dosa dll juga karena hasil dr suatu sistem (mahluk)

    sebagai yg kena sial menjadi mahluk ciptaan-Nya, sy mencoba berusaha untuk “beriman” tapi jujur saja sy ingin tahu lebih detail sebabnya mengapa Allah tidak suka (juga berdalih untuk menguji keimanan) ?

    pdhl jika meninjau 99 nama/sifat/asmaul husna, seharusnya perkara gampang untuk-Nya, biar kehidupan ini bebas dari kesalahan 😛

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s