//
you're reading...
Agama

Cara Mendapatkan Ilmu

Ilmu diperoleh dengan dengan beberapa cara, antara lain :

1. Belajar, menuntut ilmu kepada orang lain

Hadits Nabi saw

Artinya : “Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap muslim dan muslimat”

2. Diajarkan langsung oleh Allah SWT tanpa diajarkan oleh orang lain

Firman Allah dalan surat Al Baqarah ayat 31:

Artinya : Dan Dia (Allah) mengajarkan kepada Adam nama-nama seluruhnya, kemudia mengemukakannya kepada para malaikat lalu berfirman: “Sebutkanlah kepada Ku nama benda-benda itu jika kamu memang orang-orang yang benar.”

3. Ilmu didapat dengan beramal

Rasulullah bersabda : “Barangsiapa mengamalkan satu ilmu yang telah diketahuinya, maka Allah mewariskan kepadanya ilmu-ilmu lain yang sebelumnya dia tidak tahu.” (HR. Abu Nu’aim)

4. Ilmu didapat dengan bertaqwa

Firman Allah SWT surat Al Baqarah ayat 282 :

“Dan bertaqwalah kepada Allah. Dan Allah akan mengajarimu. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.”

5. Ilmu dapat diperoleh dengan diajari syaitan

Hadits Nabi saw : “Aku ditugaskan Rasulullah saw untuk menjaga hasil zakat pada bulan Ramadhan. Tiba-tiba datanglah seseorang kepadaku, dan mengambil sedikit dari zakat itu, maka aku menangkapnya seraya berkata: “Kamu akan ku adukan kepada Rasulullah saw.” Orang itu berkata:”Biarkan aku. Sesungguhnya akuorang miskin, punya anak banyak, dan sangat membutuhkan. Maka akupun melepaskannya. Pada keesokan harinya Rasulullah bertanya kepadaku, “Hai Abu Hurairah, apa yang dilakukan oleh tawananmu kemarin?” Aku menjawab: “Ya Rasulullah, dia mengadukan kemiskinannya dan keluarga yang banyak, maka aku kasihan dan membebaskannya.” Nabi bersabda: “Sesungguhnya orang itu berdusta kepadamu, dan dia akan kembali.” Saya sadar orang itu akan kembali karena Rasulullah mengatakannya. Maka akupun mengintipnya. Ternyata ia datanguntuk mengambil makanan. Maka aku menangkapnya lagi seraya berkata, “Sungguh aku akan mengadukanmu kepada Rasulullah saw.” Dia berkata, “Lepaskan aku! Sesungguhnya aku sangat membutuhkan dan mempunyaikeluarga yang banyak, saya tidak akan kembali.” Maka akupun mengasihaninyadan membebaskannya lagi. Keesokan harinya, Rasulullah saw bertanya kepadaku: “Hai Abu Hurairah, apa yang telah dilakukan tawananmu kemarin?” Saya menjawab:”Wahai Rasulullah, dia mengadukan kemiskinannya dan jumlah keluarganya yang banyak, maka akupun kasihan dan membebaskannya lagi.” Nabi bersabda: “Sesungguhnya dia berdustakepadamu dan akan kembali lagi.” Maka pada hari yang ketiga aku mengintipnya kembali. Dia datang dan mengambil makanan. Segera aku menagkapnya seraya aku berkata, “Sungguh aku akan mengadukanmu kepada Rasulullah. Ini adalah yang ketiga kalinya kamu mengatakan bahwa kamu tidak akan kembali, namun nyatanya kamu kembali lagi.” Dia berkata, “Biarkan aku mengajarimu beberapa kalimat yang dengannya kamu akan mendapat manfaat dari Allah SWT.” Saya bertanya, “Kalimat apakah itu?” Dia berkata, “Apabila kamu hendak tidur maka bacalah ayat kursi …. dia membacanya hingga akhir ayat, maka Allah SWT akan senantiasa menurunkan pelindung bagimu dan setan tidak akan mendekatimu hingga pagi.” Maka akupun membebaskannya. Keesokan hari, Rasulullah bertanya kepadaku, “Apa yang telah dilakukan tawananmu kemarin?” Saya menjawab, “Wahai Rasulullah saw dia telah mengajariku beberapa kalimat yang dengannya Allah akan memberiku manfaat, maka akupun melepaskannya.” Beliau bertanya, “Kalimat apakah itu?” Dia berkata padaku, “Apabila kamu akan tidur, maka bacalah ayat kursi, maka Allah akan menurunkan pelndung bagimu dan setan tidak akan mendekatimu hingga pagi.” Maka Nabi bersabda, “Dia telah berkata benar kepadamu, dan sebenarnya dia adalah pendusta. Hai abu Hurairah, tahukah dengan siapa kamu berbicara selama tiga malam ?’ Saya menjawab, “Tidak.” Nabi bersabda, “Dia adalah SETAN.” (HR. Bukhari)

About these ads

About Abu Alkayyis

Seorang umat akhir zaman yang mencoba bertahan hidup sesuai dengan aturan penciptanya.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

Desember 2007
M S S R K J S
« Jul   Jan »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

My Beloved Wife’s Anniversary

Ulang Tahun Istri Tercinta Yang Ke - 41Desember 27th, 2014
3 bulan to go.

Pengunjung Ke :

  • 42,078 Rupiah
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 1.924 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: