Ciri-ciri Calon Penghuni Surga Firdaus

Ada beberapa nama surga yang disebutkan dalam AlQuran, antara lain firdaus, Aden, Na’iim, ma’wa, dan darussalaam. Masing-masing memiliki kriteria penghuninya. Sebagaimana yang diterangkan di dalam AlQuran. Berikut adalah ciri-ciri orang akan memasuki surga firdaus :

  • Beriman
  • Khusu’ dalam sholat
  • Menjauhkan diri dari perbuatan dan perkataan yang tiada berguna
  • Menunaikan zakat
  • Menjaga kemaluan dari maksiat
  • Memelihara amanah
  • Menepati janji
  • Menjaga sholat

Rasulullah pernah bersabda kepada para sahabatnya, kalo kamu meminta surga maka mintalah surga firdaus. Surga firdaus adalah surga tertinggi yang ada di akhirat. Artinya untuk urusan akhirat kita jadikan cita-cita kita setinggi-tingginya. Buat perencanaan yang matang dan action bagaimana supaya kita dapat mencapai cita-cita tersebut.

Untuk memuluskan menuju firdaus kita buat program dalam kehidupan kita, bagaimana iman kita selalu meningkat sebagimana imannya para Nabi, Sholat kita dengan penuh konsentrasi, menjauhi perbuatan sia-sia dan seterusnya seperti yang telah disebutkan mengenai ciri-cirinya. Setelah program dibuat, diberi penjelasan juga langkah-langkah apa yang akan dilakukan agar semua program itu berjalan. Kurikulumnya sudah, buku panduannya AlQuran dan AsSunnah, pengajarnya Ulama Pewaris Nabi, metodenya terjun langsung dalam dakwah.

Nasihat nabi: untuk urusan dunia lihatlah orang yang lebih rendah dari kamu supaya kamu mudah untuk mensukuri nikmat Allah, namun untuk urusan akhirat lihatlah para Nabi supaya kamu jangan cepat puas dengan amal dan pengorbanan yang telah kamu lakukan.

About these ads

63 gagasan untuk “Ciri-ciri Calon Penghuni Surga Firdaus

  1. tq infonya pak…alhamdulillah suami say namanya FIRDAUS…semoga kami berdua senantiasa sebagai penghuninya (surga firdaus )…..amiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiinnnnnnnnnnnn

  2. Sekilas tentang Penghuni Syurga (maaf kalo salah dan mohon koreksi);

    Jika Ia Lelaki Dewasa: Usianya 33 tahun seusia Nabi Isa as, Posturnya 60 hasta (+- 30 meter) setinggi Nabi Adam as, wajahnya ganteng tidak berkumis dan tidak berjenggot lebih ganteng dari Nabi Yusuf as, akhlaqnya seperti Akhlaq Nabi Muhammad saw, suaranya Merdu seperti suara Nabi Daud as. Mereka akan menjadi Raja-Raja yang luas teritorinya minimal 10 kali luas dunia. Istrinya akan menjadi Ratu di syurga. Bidadarinya minimal 40 bidadari, yang masing-masing tinggal diistananya sendiri-sendiri yang memiliki minimal 500 dayang-dayang yang cantik jelita. Kekuatan sexnya lebih dari 100 kali lelaki yang paling kuat di dunia. Tidak BAB dan BAK hanya berkeringat dan keringatnya lebih harum sari kasturi. Amalannya saling silaturrahmi. Yang syurganya di atas bisa berkunjung ke syurga yang dibawah. Dan setiap hari jumat para lelaki akan datang ke pasar syurga untuk saling bertemu.

    Jika Ia Wanita Dewasa: Ia akan menjadi Ratu nya para Bidadari. Menunggu suaminya 500 tahun lebih dahulu (1/2 hari akhirat) dengan pakaian terindah di atas kuda. Ia menjadi perawan untuk selama-lamanya. Wajahnya semakin lama semakin cantik. Jika belum bersuami ia akan dinikahkan dengan Wildan Mukhalladun (pemuda tampan yang kekal). Pakaiannya 70 lapis yang tembus pandang.

  3. assalamualaikum.
    ana mau tanya,
    calom penghuni surga itu kan harus memenuhi beberapa syarat.
    yaitu,,,,,,,,,,
    1. harus baik terhadap ke-2 orang tuanya;
    2. harus mensyukuri nikmay yang sudah diberikan Allah kepada kita;
    3. beramal soleh hanya untuk mengharapkan risdho-Nya;
    4. harus benar-benar bertaubat hanya kepada Allah hanya untuk mengharapkan ampuna-Nya;
    5. berserah diri hanya untuk Allah semata.

    saya hanya was-was dengan persyaratan yang pertama.
    saya sering sekali menyakiti hati k-2 orang tua saya. bahkan pernah membuat menangis IBU saya.

    jika saya sudah bertaubat tidak mengulangi nya lagi.
    apa nanti diakhirat perbuatan saya itu (yang menyakitkan hati k-2 orang tua) masih dipertanyakan.
    dan mendapat hukuman disaa???????????
    mohon untuk dibalas.
    SYUKRON.

    • Berbakti kepada kedua orang tua merupakan ladang pahala yang besar. “Celakalah orang yang tidak masuk syurga ketika orang tuanya telah lanjut usia, karena dia dia mau mengurus keduanya”. Shahabat Nabi yang sholeh ada yang tidak dapat mengucapkan ‘laa ilaha illa Allah’ karena ibunya sakit hati kepadanya.

      Kalo ibu masih ada, maka kita minta maaf kepada Beliau namun jika Beliau sudah tiada maka kita mohonkan ampunan kepada Allah, dan beramal yang pahalanya kita ‘hadiahkan’ kepada ibu.

  4. Hujan teringatkan aku
    Tentang satu rindu
    Dimasa yang lalu
    Saat mimpi masih indah bersamamu

    Terbayang satu wajah
    Penuh cinta penuh kasih
    Terbayang satu wajah
    Penuh dengan kehangatan
    Kau ibu Oh ibu

    Alloh izinkanlah aku
    Bahagiakan dia
    Meski dia telah jauh
    Biarkanlah aku
    Berarti untuk dirinya
    oh ibu oh ibu kau ibu

    Terbayang satu wajah
    Penuh cinta penuh kasih
    Terbayang satu wajah
    Penuh dengan kehangatan
    Kau ibu

    Terbayang satu wajah
    Penuh cinta penuh kasih
    Terbayang satu wajah
    Penuh dengan kehangatan
    Kau ibu oh ibu kau ibu
    oh ibu oh ibu

    Hujan teringatkan aku
    Tentang satu rindu
    Dimasa yang lalu
    Saat mimpi masih indah bersamamu
    Kau ibu kau ibu kau ibu

    Semoga Allah selalu melimpahkan kasih dan sayang-nya pada ibu sebagaimana ibu yang selalu menyayangi ak sampai saat ini….
    meski belum dapat ak bahagyakan beliau..
    ya Allah ampuni ak…
    yang telah banyak mengecewakan hati dan perasaan beliau..
    ya Allah berikan ak kemampuan dan kesempatan untuk bahagyakan beliau sebelum datang akhir masa…

    Amiin ya Robbal alamin

  5. sekarang saya takut bgt dengan kematian………….

    meski kematian itu tidak sepantasnya di takuti….

    ya ALLAH…………
    beri saya ketabahan

  6. sangat baik sekli penyajiannya,sekarang mo nanya saya seoarng siswa kls 2 smk,bagaiman dan pam contoh nya perbuatan yg sia sia itu,apakah kumpul kumpul bersama sama teman teman jg termasuk perbuatn itu

  7. ya,,,semoga umat nabi muhammad banyak yg masuk surga firdaus,,tp kenapa manusia banyak yg melakukan kemaksyatan ya?? semoga manusia ygm telah melakukan kemaksyata,,,,atau yg tidak semestinya kita lakukan,,,,semaoga umat rosulullah segera bertobat dengan kelakuan dulunya,,,,,,,,semoga saya bisa mencapai untuk membahagiakan orang tuaku dan semoga saya akan menjadi anak yang sholeha,,,,,,,,,,amien,,,dan beruntunglah kamu yg memasuki surga firdaus yang indah,,,,,ya allah,,,ampunilah dosaku dan dosa ke dua orang tuaku ya allah,,,,amien ya robbal alamin!!

  8. alhamdulilah berbicara surga saya sangat minder,karena syukur saya masih kurang permintaanku yarab aku ikhlas akan ketentuanmu.tapi aku akan selalu takwa sebisaku.

  9. semoga aku menjadi hamba yang selalu bertakwa kpd Allah, dan mendapatkan Surga firdausnya Allah, aamiiin…..

  10. Ya… Allah, ampunilah dosa-dosaku, mudahkanlah sakaratul mautku dan khusnul khotimah, masukkan aku ke dalam surga firdaus dengan rahmatMu. Amin.

  11. YA …Allah berikanlah ak ampunan-MU,berikanlah ak petunjuk-MU,mudahkanlah setiap jln ku…untuk menuju surga firdaus-MU……

  12. baik sekali mengharapkan surga firdaus, tetapi lebih baik lagi ada keinginan kuat untuk bertemu dengan pembuat surga tersebut atau ligo’Allah, itulah cita-cita tertinggi kita

  13. bukakan pintu maaf yg se-besar2nya untk qu ya ALLAH,
    agar aq bsa masuk k dLam surgaMu yg indah yg d tungGu2 banyak orang,,
    AMIIIIIIIIIIN YA RABBAL ALAMIN………………

  14. ya Alloh tiada pantas surga untukku….
    namun aku tak sanggup dinerakamu….
    ya alloh bimbinglah aku kejalanmu…..
    bimbinglah aku mengikuti jejak nabimu solollohualaihiwasalam….

  15. subahanllah baru dengar indahnya surga firdaus amat lah senang hati ini,apa lg sudah mengalami amat lah senang,aku akn sllu perbanyak amal ibadah di dunia ni,dan sllu menjauhi larangan nya n menjalankan printahnya.

  16. iblis akan masuk neraka jahaananmmm ,dia tidak bersyukur kepada allah,dasar makhluk yang tak berguna,dan menyesatkan.ya allah swt ampunillah aku sebagai hambamu,dan ampunilah aku atas segala dosa2 ku.kalo aku suka melawan ortu ku,dan suka mengatakan yang tidak penting.

    iblis sialaan dangkalan ,dan biadab.bisanya menyesatkan umat manusia,dan sebangsa mu juga yaitu jin.

  17. tetapilah Qur’an Hadits secara berjamaah dengan hati mukhlis lillah karna Allah, dijamin pasti masuk surga selamat dari neraka!

  18. YA ALLAH YA RAHMAN YA ARHIIM TIADA TEMPAT KU BERLINDUNG DAN MEMOHON SELAIN KEPADAMU tunjukanlah jalan terang bagi kami umat mu yg hina berlumur dgn penuh dosa.tak mensyukuri nikmatmu yg selama ini telah engkau berikan.namun d kala hati susah kami datang memohon pengampunan tapi kami melupakan di kala senang. YA ALLAh bimbing kami ke jalan mu erangi hati kami dgn NUR-MU……..ridhailah kami dgn kasih sayang mu mudahkanlah kami MENGGAPAI SURGAMU amien amien amien ya robbal’alamin

  19. ada yang berpendapat bahwa surga firdaus itu adalah keadaan dimana si penghuni surga itu ada hanya bersama Wujud Allah saja yang laisa kamitslihi syai’un. juga ada seorang sufi yang bercerita untuk dapat berada di surga firdaus tersebut tidak harus meninggal dunia secara lahir dan maknawi, tapi cukup maknawi saja dulu, sesuai hadits Nabi “mautu antal qobal mautu” (matikanlah(secara maknawi) dirimu sebelum dirimu mati) dan Qs “barangsiapa yang telah melihat Tuhannya di dunia maka ia akan melihat Tuhannya di akhirat.”. Dan seorang sufi bercerita ia pernah ada pada suatu tempat yang gelap seperti di langit, dirinya berwujud seperti bintang , namun dalam dirinya ia memiliki dua rasa/keadaan yaitu dirinya sendiri dan rasa Ketuhanan yang dipenuhi sifat Hidup. Keindahan, Kenikmatan dll yang tiada taranya, sehingga ia hanya ingin ada pada kondisi itu saja teru menerus.

  20. klo bisa apabila berbicara masalah syurga dan neraka itu mesti berdasarkan dalil2 syar’i agar lebih jlas dan tidak kliatan seperti dongeng….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s